Kemensos Salurkan 1000 Ton lebih Bantuan Beras Bagi KPM PKH Buleleng

Kadis Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra melakukan pemeriksaan beras yang akan disalurkan kepada 25.651 KPM PKH di Kabupaten Buleleng |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 25.651 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Buleleng akan mendapatkan bantuan berupa beras.  Masing-masing KPM PKH  akan mendapat bantuan selama tiga bulan dengan total bantuan sebanyak 45 kilogram, atau setiap bulan mendapatkan 15 kilogram per KPM.

- Advertisement -

KPM PKH akan menerima bantuan beras sekaligus selama tiga bulan terhitung mulai Agustus hingga Oktober 2020, dan penyaluran akan dilakukan mulai awal Oktober 2020.

Bantuan ini  merupakan skema program Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Kementerian Sosial RI dalam rangka penanganan dampak pandemi COVID 19 di Indonesia. Di seluruh Indonesia setidaknya ada 10 juta penerima bantuan untuk KPM PKH yang menerima bantuan beras ini.  

Syarat penerima bantuan beras ini adalah semua yang terdaftar pada penerima program PKH. Total beras yang diberikan di Kabupaten Buleleng  sekitar 1.154 ton.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng I Putu Kariaman Putra mengatakan program  yang diberikan merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin khususnya KPM PKH pada masa Pandemi COVID 19.

- Advertisement -

Bantuan beras kali ini,  merupakan bantuan tambahan dimana sebelumnya KPM PKH sudah mendapatkan  sembako dari pemerintah.

“Tiap KPM PKH akan mendapatkan bantuan beras selama tiga bulan. Beras yang diberikan dengan kualitas medium,” ujarnya

Penyaluran di Kabupaten Buleleng sendiri mendapatkan jadual penyalurand ari pemerintah pusat di bulan Oktober 2020 ini.

“Kita di Buleleng mendapatkan agak terakhir. Harusnya bulan Agustus. Karena dapat giliran bulan Oktober jadi  kita langsung berikan selama 3 bulan dengan total 45 kilogram beras” imbuhnya

Untuk pengadaan beras,  Kariaman Putra  menjelaskan akan  dipasok oleh  Bulog. Beras sebanyak 15 kilogram tersebut ada di dalam kemasan. Sedangkan untuk penyaluran akan dilakukan oleh tim  transporter. Dinas Sosial Kabupaten Buleleng bersama sejumlah Koordinator Kecamatan PKH Kabupaten Buleleng sempat melakukan pemeriksaan beras dan uji tanak di gudang Bulog Buleleng di Desa Tangguwisia.

“Nanti  transporter akan mendrop ke ke kantor desa untuk selanjutnya  diberikan ke KPM PKH. Nanti di damping dari tim PKH, dan aparat desa untuk serah terima nanti disana” pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts