More

    Tekan Penularan Covid-19, Masyarakat Diingatkan Gunakan Masker Secara Benar

    Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG |FOTO : arsip koranbuleleng.com|

    Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah Kabuaten Buleleng tidak henti-hentinya mengimbau agar masyarakat menggunakan masker dikala beraktivitas dan bertemu dengan banyak orang. Pemakaian masker ini untuk menekan laju penularan Covid-19.

    Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG menjelaskan secara medis pemakaian masker ini efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

    Virus ini menyebar melalui droplet seperti cairan ingus, bersin dan batuk. Ditengah pandemi Covid-19, semua harus sadar untuk saling melindungi diri dari kemungkinan risiko paparan.

    Sutjidra yang juga berprofesi sebagai dokter ini mengingatkan agar masyarakat menggunakan masker dengan baik dan benar. Terkadang, ada yang menggunakan masker namun justru dibawah dagu, sementara hidung dan mulut tidak terlindungi.  

    Dia mengingatkan sebelum mengambil masker, agar masyarakat membiasakan diri mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker, boleh menggunakan air mengalir dengan sabun, boleh juga menggunakan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.

    Setelah itu, pastikan hidung, mulut, dan dagu tertutup seluruhnya oleh masker. Jika menggunakan masker kesehatan, bagian berwarna berada di depan, dan bagian berwarna putih berada di dalam menempel di wajah. Lalu tekan, dibagian bagian atas masker yang ada kawatnya agar sesuai bentuk hidung.

    Begitupun saat membuka masker, tidak bisa sembarangan. Ganti masker jika sudah rusak, kotor ataupun basah. Pemakaian efektif sebuah masker biasanya sampai empat jam.

    “Nah cara melepas masker,  lepas kaitan masker dari telinga atau ikatan masker, pastikan tidak memegang bagian depan masker,” terang Sutjidra saat menerima bantuan APD dari pihak ketiga, beberapa waktu lalu.

    Wakil Bupati juga mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan lain. Hindari kerumunan atau menjaga arak dan sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. |NP|

    Berita Terpopuler

    Related articles