Kolaborasi PT Penting Tingkatkan Kualitas Lembaga dan SDM

Singaraja, koranbuleleng.com | Universitas Pendidikan Ganesha menjadi tuan rumah dalam forum pimpinan perguruan tinggi Bali yang membahas anggaran dasar, program kerja, dan penandatanganan nota kesepahaman antara Undiksha dengan APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia), Jumat, 22 Oktober 2021. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rektorat Ganesha III, dihadiri oleh pimpinan di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Bali.

Dalam sambutannya, Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, S.Pd., M.Pd., menyampaikan sekilas capaian-capaian yang sudah diraih oleh Undiksha, mulai dari prestasi, publikasi, serta akreditasi. Berbagai kemajuan tersebut dapat dicapai karena adanya kebersamaan dan kerjasama antar stakeholder baik di dalam maupun di luar Undiksha.

- Advertisement -

“Kitalah yang sesungguhnya bertanggungjawab untuk merealisasikan potensi-potensi anak didik, agar menjadi generasi yang unggul, dan ini perlu kolaborasi serta sinergitas bersama” ujar Jampel. 

Berkaitan dengan kerjasama antara Undiksha dengan Aptisi Bali, Rektor Undiksha mengungkapkan bahwa dari perguruan tinggi negeri di Bali, Aptisi Bali melihat Universitas Udayana dan Undiksha sebagai perguruan tinggi yang diharapkan bisa membina dan memberikan kontribusi untuk peningkatan kualitas perguruan tinggi yang ada di Bali.

Oleh karena itu, sebagai Rektor Undiksha, Jampel mengajak seluruh perguruan tinggi untuk bersinergi dalam meningkatkan kualitas institusi masing-masing yang mengarah pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Jampel tidak ingin ada perguruan tinggi yang hanya sekadar perguruan tinggi, yang sekadar ada kegiatan serta meluluskan mahasiswa tetapi kualitas tidak terjaga. Ini yang akan dijaga bersama agar semua perguruan tinggi di Bali mengedepankan kualitas untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, berdaya saing, dan memiliki karakter pancasila.

- Advertisement -

Program unggulan yang akan dicanangkan oleh forum perguruan tinggi Bali ini akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi, sesuai pembahasan dan penetapan AD/ART dari forum tersebut. Khusus untuk Undiksha, tentunya akan mengusulkan program kerja yang sesuai dengan ruh Undiksha, yakni sebagai lembaga pendidik dan tenaga kependidikan. 

“Program kerja nanti akan diusahakan pada peningkatan SDM guru. Karena jika Indonesia ingin maju, maka gurunya harus berkualitas” tutup Jampel. |SY|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts