Seleksi Kedepankan Teknologi Digital Lebih Transparan dan Berkualitas

Singaraja, koranbuleleng.com | Sekda Buleleng, Gede Suyasa meyakini proses seleksi CPNS tahun 2021 yang sudah sampai pada tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB) secara transparan dan mengedepankan teknologi digitalisasi akan melahirkan aparatur yang berkualitas. Dan itu, menjadi sebuah keutamaan bagi pemerintah dalam menjalankan program pembangunan dan melayani masyarakat.  

Tes SKB dilaksanakan dengan menggunakan Metode Computer Assisted Test (CAT), memedomani petunjuk teknis (juknis) dari pusat.  Tes SKB untuk Pemkab Buleleng diikuti oleh 529 peserta dan memperebutkan 231 formasi.

- Advertisement -

“Kita berharap CPNS yang dihasilkan mampu mendorong pemerintah menjalankan program-program dengan lebih baik dan lebih cepat serta berkualitas. Dengan proses seleksi yang semuanya sudah digitalisasi jadi transparansi dan akuntabilitas nya sudah terjaga,” terang Gede Suyasa saat memantau tes SKB hari kedua di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali, Sabtu 27 Nopember 2021.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng I Gede Wisnawa menjelaskan bahwa SKB dilaksanakan selama 2 hari. 

Dari total 536 peserta, terdapat 7 orang yang absen mengikuti tes “Seluruh peserta dibagi menjadi 6 sesi. Hari pertama dilaksanakan 4 sesi, dan hari kedua dilaksanakan 2 sesi. 7 Peserta tidak hadir mengikuti SKB” ujarnya.  

Pada pelaksanaan SKB, tidak ada peserta yang melaporkan dirinya terkonfirmasi positif COVID-19. Kendati demikian, jika ada peserta dengan status terkonfirmasi positif COVID-19, panitia telah menyiapkan ruangan khusus.

“Tidak ada laporan peserta yang terkonfirmasi positif COVID-19. Kalaupun ada, kami sudah sediakan tempat khusus sehingga pada hari yang bersamaan juga bisa dilaksanakan tes untuk peserta. Ada ruangan khusus alat yang lengkap. Tapi tidak ada peserta terkonfirmasi (covid-19)” paparnya.

Sama seperti pada pelaksanaan SKD, registrasi ulang peserta SKB juga menerapkan proses Face Recognition atau pengenalan wajah. Proses ini dilakukan untuk menutup kemungkinan kecurangan.

Wisnawa mengungkapkan, pengumuman hasil SKB akan dilakukan secara resmi melalui website BKPSDM, menunggu arahan dari BKN. Seleksi CPNS melalui SKD dan SKB menghasilkan CPNS yang berkualitas “Semoga SKB yang berjalan dengan baik mampu nantinya menghasilkan kader-kader CPNS yang berkualitas, dan berintegritas tinggi,” pungkasnya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts