Sekolah di Buleleng Siap Laksanakan PTM

Singaraja, koranbuleleng.com | Pandemi Covid-19 belum berakhir. Covid-19 menyebabkan pemerintah mengambil kebijakan untuk penanggulangannya,salah satunya dibidang Pendidikan. Pendidikan sempat tidak aktif, karena harus menghindari kerumunan sehingga ada pilihan untuk melakukan pembelajaran sistem dalam jaringan sebagai pengganti tatap muka langsung di era pandemi.

Namun akhirnya, system daring tersebut belum efeketif diterapkan karena berbagai kendala. Pemerintah kini sudah melakukan vaksinasi terhadap anak umur 6 tahun sampai 12 tahun. Vaksinasi ini untuk memberikan rasa aman bagi warga dengan cara memberikan kekebalan tubuh untuk melawan virus Sars-COV.

- Advertisement -

Vaksinasi sudah berlanjut, Pemerintah pusat mengisyaratkan agar pembelajaran tatapmuka bisa digelar tahun 2022. Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Corona virus Disease 2019 (Covid-19) menetapkan bahwa di tahun 2022 akan dilaksanakan pembelajaran tatap muka tentunya dengan ketentuan protokol kesehatan.

Maka, sekolah wajib menerapkan protkol kesehatan. Pandemi yang cukup panjang ini sudah memberikan pelajaran penting akan kesehatan. Sekolah juga sudah jauh-jauh hari menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan. Sehingga ditahun 2022, sudah siap untuk belajar tatap muka.

Beberapa sekolah di Singaraja sudah siap untuk hal itu. Bebrapa diantaranya SDN 1 Banjar Jawa dan SDN 1 Banyuasri.

Salah satu guru di SD N 1 Banjar Jawa, Made Kristina Ningsih menuturkan selain memastikan siswa dalam kondisi sehat, protokol kesehatan di sekolah sudah diterapkan dengan baik, mulai dari penggunaan masker, face shield, handsinetizer, pemeriksaan suhu badan, pembagian bangku di kelas, sampai dengan scan barcode aplikasi peduli lindungi bagi para guru dan tamu yang memeliki kepentingan di sekolah.

- Advertisement -

“Siswa kami juga sudah melakukan vaksinasi tahap 1 sebanyak 95 persen, bagi yang belum sekitar 12 orang akan diarahkan ke puskesmas kota untuk melakukan tahap satu,” ungkap Kristina Ningsih.

Sedangkan vaksinasi tahap 2 baru dimulai 12 januari 2022. Sementara tenaga pendidik sudah semua menjalani vaksinasi

Di SDN 1 Banyuasri pun sama. Protokol kesehatan sudah berjalan serta vaksinasi.

Salah satu staff bidang tata usah aSDN 1 Banyuasri, Made Aristia menyebut anak-anak didik di SDN 1 Banyuasri sudah semua melaksanakan vaksinasi tahap 1, dan selanjutnya tinggal menunggu vaksinasi tahap 2 yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2022.

Sekolah ini sudah menerapkan protokol kesehatan mulai dari, tempat cuci tangan, handsinetizer, pemeriksaan suhu badan pada saat masuk kedalam areal sekolah, serta barcode aplikasi peduli lindungi untuk guru dan tamu yang datang kesekolah. |WK|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts