Bawaslu dan Undiksha Kerjasama Pengembangan Pendidikan Politik dan Kepemiluan

Singaraja, koranbuleleng.com | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buleleng  menjalin kerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk ikut serta melakukan pengawasan partisipatif dalam penyelenggaraan pemilu.  Kerja sama ini ditandai dengan tanda tangan nota kesepahaman antara Bawaslu Kabupaten Buleleng dengan Undiksha, Kamis 17 Februari 2022 lalu. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Buleleng Putu Sugi Ardana mengatakan, kerja sama dilakukan sebagai upaya menjalankan proses pemilu yang sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

- Advertisement -

Keterlibatan Undiksha diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dalam melakukan sosialisasi pendidikan politik serta pengawasan partisipatif Pemilu kepada masyarakat. Terlebih, undiksha saat ini memiliki sumber daya manusia dengan kompetensi hingga tingkat nasional dan internasional. Disamping itu jumlah mahasiswa yang cukup banyak.  

Kerjasama yang dilakukan juga diharapkan mampu memberikan dukungan dalam memastikan proses demokrasi di Kabupaten Buleleng menjadi lebih baik.

“Semakin banyak yang terlibat semakin banyak yang melakukan pengawasan dan Pemilu menjadi milik kita bersama tentu hasil pemilu akan berkualitas dan akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang berintegritas dan memiliki kompetensi yang baik” kata Sugi Ardana.

Sementara itu,   Rektor Undiksha I Nyoman Jampel  menyampaikan,  dengan jumlah dosen dan pegawai kurang lebih 1000 orang serta mahasiswa yang mencapai 14.300 ribu, sangat memiliki potensi untuk bisa memberikan kontribusi besar dalam mendukung sebuah program yang telah terjalin.

- Advertisement -

“Kita berharap melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, kita bisa menghantarkan institusi kita masing-masing menjadi lebih baik dan untuk kemajuan bangsa dan Negara Indonesia” harap Jampel. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts