Ratusan Siswa SD Ramai-Ramai Sikat Gigi Untuk Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Singaraja | Ratusan siswa sekolah dasar di Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, mengikuti kampanye menggosok gigi yang bersih dan benar digelar oleh Puskesmas Gerokgak II, Rabu (20/4). Kampanye yang berlabel Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) ini dilakukan untuk mengajak anak-anak hidup sehat sejak awal. Kegiaatan ini dilangsungkan di masing-masing sekolah dasar di desa setempat.

Dari kegiatan ini, Siswa diberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tim kesehatan dari Puskesmas memperagakan  cara menggosok gig yang baik dan diikuti oleh seluruh siswa.

- Advertisement -

“Program berkelanjutan ini adalah salah satu upaya untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat dan bersih sejak dini. Mereka kami ajarkan cara menggosok gigi yang benar supaya gigi tetap terawatt dan terjaga dengan baik dari sis kesehatannya,” ujar Kepala Puskesmas Gerokgak II, dr Nyoman Suardyatma, Rabu (20/4).

Cara menggosok gigi yang benar ini adalah sebuah pengetahuan keseghatan dasar yang harus diektahui oleh anak-anak sjak dini. Jika pengetehauannya sudah didapatkan maka kedepannya pola hidup sehat juga bisa dilakukan oleh generas-generasi saat ini secara menyeluruh.

Nyoman Suardyatma berharap siswa-siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut, dengan menggosok gigi tiga kali sehari. Hal lain yang dikampanyekan juga yakni mencuci tangan sebelum makan dan menjaga kebersihan badan, dengan mandi dua kali sehari.

Sementara itu Perbekel Banyupoh Made Sukarata, mengapresiasi tinggi kegiatan yang dilakukan pemerintah untuk tetap menjaga generasi muda tetap sehat.

- Advertisement -

Menurutnya edukasi untuk menjaga kesehatan diri sejak dini sangat penting dilakukan karena kebiasaan dapat terbentuk ketika anak tersebut masih kecil.

“Kebiasaan yang akan dibawa sampai tua, tergantung bagaimana pendidikan dan pendampingan saat usianya masih muda. Nah karena itulah, agenda pendidikan kesehatan in sangat penting untuk keberlanjutan generasi yang lebih sehat,” ungkap dia.

Pihak desa berharap kegiatan in bisa ditularkan ke seluruh desa untuk siswa-siswa sekolah dasar karena penting untuk kepentingan pemabngunan kesehatan dan mental manusia. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts