Undiksha Jawara di Kejuaraan Renang Antar Mahasiswa

Singaraja, koranbuleleng.com |Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berhasil menorehkan prestasi. Prestasi itu dipersembahkan Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) yang menyabet 16 medali dalam ajang Kejuaraan Renang Antar Mahasiswa Se-Indonesia 2019. Raihan tersebut sekaligus menjadikan Undiksha sebagai juara umum. 

Kejuaraan tersebut berlangsung di Universitas Hasanuddin, Makassar pada 25 dan 26 Oktober 2019. Dekan FOK Undiksha, I Ketut Budaya Astra, S.Pd.,M.Or., mengatakan ada lima mahasiswa yang turun pada ajang bergengsi itu. Yakni Agus Nuarta, Ni Nyoman Dewi Setiari, Dewa Gede Anom Artha Tenaya, Ni Made Putri Dharmayanti dan Ida Bagus Gede Jaya Mahotama.

- Advertisement -

Mereka turun dalam tiga nomor berbeda, dengan raihan 11 medali emas, 2 medali perak dan dua medali perunggu. Pada kompetisi itu, Undiksha harus bersaing dengan sejumlah perguruan tinggi, seperti dari Yogyakarta, Bandung dan lain sebagainya. “Dengan raihan medali ini, Undiksha berhasil menjadi juara umum,” ungkapnya didampingi Wakil Dekan III, I Kadek Happy Kardiawan, S.Pd.,M.Pd. 

Atlet yang berlaga itu, sambungnya sudah pernah tampil di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS). “Sehingga persiapannya sudah cukup lama. Atlet-atlet ini juga sudah punya club masing-masing,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut, raihan prestasi itu tentu menjadi sebuah kebangggan. Namun demikian, para atlet diharapkan bisa terus meningkatkan kualitas diri sehingga mampu tampil pada ajang lebih tinggi dan berhasil pula menorehkan prestasi. Dalam hal ini, perhatian pimpinan universitas diharapkan juga semakin serius, salah satunya dengan membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Renang.

“Sekarang belum ada. Dari sisi peminat cukup banyak. Kami berharap UKM itu bisa terbentuk dan didanai. Ini untuk memaksimalkan pengembangan bakat mahasiswa,” sebut Budaya Astra. 

- Advertisement -

Wakil Rektor III Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd memberikan apresiasi terhadap raihan prestasi itu. Menurutnya, tidak hanya penting dalam menunjang karir mahasiswa, namun juga mampu meningkatkan grade lembaga, baik tingkat nasional maupun internasional. “Kami sangat apresiasi ini dan berharap semakin banyak prestasi yang muncul, termasuk dari bidang lain,” katanya. 

Perolehan Medali : 11 emas  2 perak  2 perunggu

Atlet Peraih Emas:

Agus Nuarta 200m gaya bebas putra

Ni Nyoman Dewi Setiari 200m gaya bebas putri

Dewa Gede Anom Artha Tanaya 100m gaya kupu-kupu putra

Ni Made Putri Darmayanti 50m gaya dada putri

Agus Nuarta 400m gaya bebas putra

Ni Nyoman Dewi Setiari 400m gaya bebas putri

Ni Made Putri Darmayanti 200m gaya dada

Dewa Gede Anom Artha Tanaya 200m gaya ganti putra

Ni Nyoman Dewi Setiari 100m gaya bebas putri

Agus Nuarta 200m gaya punggung putra

Ni Made Putri Darmayanti 100m gaya dada putri

Atlet Peraih Perak:

Dewa Gede Anom Artha Tanaya 100m gaya bebas putra

Ida Bagus Gede Jaya Mahotama 50m gaya kupu-kupu putra

Atlet Peraih Perunggu:

Ida Bagus Gede Jaya Mahotama 50m gaya dada putra

Ida Bagus Gede Jaya Mahotama 50m gaya bebas putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts