Kembangkan Desa Wisata Dengan Kearifan Lokal

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana saat meninjau rencana pembangunan wahana air di Desa Panji |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana berkomitmen untuk mendorong sektor pariwisata. Salah satunya dengan mengembangkan pedesaan dengan membangun desa wisata berbasis kearifan lokal. 

- Advertisement -

Menurutnya, desa wisata tidak hanya mendongkrak pariwisata tapi juga mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan. Pengembangan desa wisata bisa berkolaborasi dengan BUMDes di masing-masing desa.   Karena keberadaan Bumdes bisa menjadi pemicu dan pemacu untuk mendongkrak seluruh pertumbuhan baik ekonomi, budaya dan sosial di pedesaan.

“Untuk saat ini Desa sudah memiliki Bumdes. Selama ini kita ketahui bahwa banyak Bumdes yang bergelut di desa wisata dan mendorong produk Usah Kecil Menengah (UKM),” terang Agus Suradnyana saat meninjau rencana proyek pembangunan wahana air di Desa Panji, Jumat 21 Agustus 2020.

Saat meninjau lokasi proyek waterbom di Desa Panji, Bupati melihat Desa Panji pada 315 meter dari permukaan laut dengan luas wilayah mencapai 1061 hektar sangat cocok sebagai kawasan desa wisata berbasis wahana air seperti river slide.  

“Saya memberikan saran kepada Bumdes Bhuana Utama Desa Panji untuk membuat tubing atau sejenis river slide. Kapasitas air yang ada di Desa Panji pada musim kemarau tidak berkurang,” ungkap Agus Suradnyana.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala Desa Panji Jero Mangku Made Ariawan mengatakan Desa Panji memiki kaitan sejarah yang sangat erat dengan keberadaan Kabupaten Buleleng sampai kini.  Membangun desa wisata dengan kearifan lokalnya juga sangat penting, mulaid ari sejarah awal Kerajaan Buleleng hingga mengelola sumber daya alam secara baik untuk kepentingan desa wisata, termasuk didalamnya tentang wahana wisata air. 

Kepala desa mengungkapkan desa wisata tidak hanya mendongkrak pariwisata. Tapi juga mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan. “Efek dominonya nantinya akan membantu produk yang ada di Desa Panji mulai dari beras padi organik yang ada di Desa Panji dan juga produk dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Panji seperti sari jahe merah,” sebut Made Ariawan.

Made Ariawan berharap pembangunan wahana air dengan konsep river slide ini segera terwujud dengan melobatkan embaga-lembaga di desa untuk mengelola pariwisata.  “Semoga dengan konsep – konsep wisata seperti sekarang ini bisa terwujud di Desa Panji.” Tutupnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts