Gugus Tugas Umumkan Dua Pasien Corona Meninggal Dunia

Singaraja, koranbuleleng.com| Dua pasien yang terkonfirmasi COVID 19 di kabupaten Buleleng, meninggal dunia. Kini, total jumlah pasien di Buleleng yang meninggal akibat paparan virus corona ini ini mencapai tujuh orang.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng Gede Suyasa menjelaskan, pasien yang meninggal itu salah satunya berasal dari Kecamatan Banjar.

- Advertisement -

Pasien laki-laki yang berusia 46 tahun itu disebutkan sudah menjalani perawatan di RSUD Buleleng sejak 26 Agustus 2020 dengan keluhan batuk berdahak dan sesak nafas. Sehari kemudian, tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan swab, dan hasilnya terkonfuirmasi positif.

“Meninggal di RSUD tanggal 2 September sore. Sudah dikubur dengan protokol penanganan COVID 19 hari itu juga,” jelasnya.

Pasien lainnya yang meninggal dengan status terkonfirmasi positif adalah seorang laki-laki berusia 68 tahun dari Kecamatan Sawan. Pasien ini sempat dirawat di salah satu RS swasta yang ada di Singaraja. Pasien dirawat sejak 24 Agustus 2020 lalu dengan keluhan sesak nafas dan batuk, dan memiliki riwayat penyakit diabetes.

Saat awal masuk rumah sakit, sempat dilakukan rapid test dengan hasil reaktif. Kemudian dilakukan pemeriksaan swab pada 28 Agustus 2020 hasilnya terkonfirmasi positif.  

- Advertisement -

Setelah menjalani perawatan beberapa hari, kondisi pasien membaik dan tidak bergejala, sehingga Tim Medis menginzinkan pasien untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Namun kemudian, Rabu 2 September 2020,  kesehatan pasien kembali menurun dan dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan sesak nafas dan lemas. Hingga kemudian meninggal dunia sekitar pukul 18.00 wita.

“Jadi pasien sempat pulang kemudian balik lagi. Pasien sempat dipulangkan pada 31 Agustus 2020 karena posisinya sudah tidak lagi memiliki keluhan batuk dan sesak sudah berkurang. Namun 2 September tiba-tiba sesak kembali dan lemas, sehingga dibawa ke salah RS Swasta itu hingga meninggal,” ujar Suyasa.

Dengan demikian, kini jumlah pasien meninggal dengan status terkonfirmasi positif berjumlah tujuh orang. Selain itu, tim dari gugus tugas penanganan COVID 19 Buleleng juga mencatat ada penambahan kasus terkonfirmasi positif baru berjumlah 29 orang. Sementara jumlah pasien yang dinyatakan sembuh berjumlah 13 orang.

Saat ini secara kumulatif kasus terkonfirmasi positif COVID 19 di Kabupaten Buleleng mencapai 540 kasus. Dari 540 kasus itu, sebanyak 427 orang telah dinyatakan sembuh dan 7 orang lainnya meninggal dunia. Kini masih ada 105 orang yang masih menjalani perawatan di Buleleng dan seorang lainnya dirujuk ke RS Sanglah Denpasar. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts