TNI AL Bangkitkan Kesadaran Warga Kelola Sampah

TNI AL Gelar pembersihan pantai di pantai Dusun Pegametan, Gerokgak |FOTO ; Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | TNI Angkatan Laut (AL) bersama sejumlah komponen masyarakat, menggelar acara bersih pantai di kawasan pantai Dusun Pegametan, Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Sabtu 19 Juni 2021.

- Advertisement -

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk edukasi untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah langsung dari sumber. Dengan target  lingkungan di sekitar akan menjadi bersih dan asri.

Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Pangkalan TNI AL Denpasar, Mayor Marinir Nyoman Suarmika mengatakan, Pemerintah daerah telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) soal tata kelola sampah plastik telah diberlakukan untuk mendukung kebersihan, namun kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan masih terus terjadi.

Karena itu, pihaknya mengajak dari lingkungan keluarga lebih peduli dengan terlebih dahulu memilah sampah sejak dari rumah. Harapannya, dengan dengan kegiatan ini, kebiasaan membuang sampah sembarangan di jauhi. 

“TNI AL sebagai leading sector di pesisir pantai sangat mendukung kegiatan seperti ini, sebagai bentuk komitmen TNI AL mendukung semua upaya untuk melakukan kebersihan laut,” ungkapnya.

- Advertisement -

Sementara itu, salah seorang yang ikut dalam kegiatan itu, Putu Arya Suyasa, mengaku mendukung kegiatan bersih pantai. Pihaknya berharap semangat bersih-bersih pantai ini akan dimulai dari keluarga, tetangga hingga masyarakat.

Kegiatan  yang bertajuk, Bersih Bersih Bali – Clean Up dan Edukasi Pengelolaan Berbasis Sumber ini juga dihadiri, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, sejumlah camat, kepala desa dan kelompok pecinta lingkungan dari Karang Taruna Kecamatan Gerokgak, Sasmita Pradana Utama Desa Sumberkima, Sekaa Demen Gerokgak, Pramuka Peduli Lingkungan dan BSK hingga dari anak-anak Sekolah Alam, Desa Sumberkima. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts